PERTOLONGAN PERTAMA PADA SAKIT ASMA

https://adehealthcare.blogspot.co.id/
Asma

Asma yaitu penyakit kesuliltan bernafas. Penyebabnya adalah saluran nafas utama (bronkus) pada paru-paru bereaksi terhadap alergen atau zat-zat yang menimbulkan alergi seperti asap, udara dingin, kelelahan jasmani, stres, debu, sari bunga makanan, obat-obatan dan bau-bauan yang merangsang.


Bronkus menjadi mengerut dan lapisan cabang tenggorokan membengkak sehingga lendir melimpah dalam saluran ini. Dengan demikian, penderita lebih susah menghembuskan napas dari pada menghirupnya.

Gejala dapat berawal dari pilek, bersin atau batuk berulang-ulang kemudian meningkat menjadi kesulitan bernafas. Gejala tersebut dapat berlangsung dari hanya beberapa menit sampai beberapa hari. 

Kepekaan terhadap pemicu alergi (alergen) biasanya sudah ada sejak kanak-kanak sekitar 50%. Gejala tersebut akan sembuh sendiri meskipun bisa juga kambuh lagi dengan tingkat yang lebih berat. Sekitar 50% penyakit asma atau alegri pernafasan merupakan penyakit turunan, sedangkan sisanya diakibatkan oleh faktor lain yang gejalanya baru tampak setelah dewasa.

Langkah Awal Penangganan

Langkah pertama untuk menolong penderita asma dengan memberikan keleluasaan bernafas, penderita diusahakan menghirup uap air panas atau uap airdari termos karena akan sangat membantu melonggarkan saluran pernafasan. Pertolongan lanjutan dengan memberikan ramuan tanaman obat anti pembengkakan, peluruh dahak, penambah daya tahan tubuh, menghangatkan tubuh serta anti asma.

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar