PENGOBATAN PADA SAKIT GIGI DAN GUSI

https://adehealthcare.blogspot.co.id/
Sakit gigi
Gangguan gigi meliputi sakit gigi dan gigi berlubang.  Sakit gigi bisa terjadi secara terus menerus, terlebih bila minum air panas atau dingin (es). Rasa sakit disebabkan lapisan email gigi menipis sehingga menjadi lebih peka terhadap kondisi tertentu, seperti makan atau minum dalam keadaan panas atau dingin. Sementara gigi berlubang biasanya disebabkan oleh penumpukan plak atau karang gigi ataupun oleh bakteri di dalam mulut.

Adapun gangguan pada gusi biasanya adalah radang gusi. Radang gusi  karena kekurangan vitamin C jarang terjadi. Umumnya, radang gusi disebabkan oleh timbunan plak atau karang gigi yang terjadi oleh bakteri pengurai sisa makanan. Bakteri menumpuk di leher gogi sehingga menyebabkan tepi jaringan gusi yang berbatasan dengan gigi menjadi merah dan bengkak. Gusi pun menjadi mudah berdarah, sakit, bengkak, serta timbul bau nafas tidak sedap.

Langkah Awal Penangganan

Langkah pertolongan pertama yaitu memberikan ramuan tanaman obat yang bersifat mengurangi rasa sakit. Penenang, antikuman (antiseptik), antibengkak dan anti inflamasi guna membantu proses penyembuhan gangguan gigi dan gusi ini.

Pengobatan penderita gangguan gigi dan gusi dapat menggunakan 2 jenis resep yang berbahan baku sirih atau kecubung.

Resep Herbal Pertama

sirih (piper betle L)
https://adehealthcare.blogspot.co.id/
Sirih

Cara pemakaian :

  • Remas-remas daun sirih segar sebanyak 2-4 lembar
  • Seduh remasan daun dengan air panas satu gelas
  • Kumur-kumur air ramuan yang telah hangata, terutama menjelang malam hari

Bakteri didalam mulut mengubah sisa makanan menjadi plak. Proses ini biasanya terjadi pada saat manusia berhenti beraktifitas, terutama saat tidur. Adapun jumlah bakteri tersebut dapat dikurangi dengan sering berkumur dengan daun sirih. Penyebabnya adalah sirih memiliki sifat menghilangkan bau, mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, serta obat antiseptik.

Resep Herbal Kedua

kecubung (datura metel L)

https://adehealthcare.blogspot.co.id/
Daun Kecubung

Cara pemakaian :

  • Olesi selembar daun kecubung segar dengan minyak kelapa
  • Panggang daun di atas api sampai layu
  • Remas-remas atau gulung daun hingga keluar cairan
  • Oleskan cairan tersebut pada pipi ( bagian tubuh yang sakit). Buka gulungan daun, lalu tempelkan pada bagian yang sakit ketika olesan cairan dari gulungan daun tersebut masih basah


Pemakaian daun kecubung sangat menolong bagi penderita gangguan gigi dan gusi karena sakit dan nyeri serta bengkak yang ditimbulkan berangsur-angsur berkurang. Tanaman ini mempunyai sifat anestetis atau penenang serta meredakan nyeri dan mengurangi rasa sakit. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun dalam keadaan segar.

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar