PERTOLONGAN PERTAMA PADA TRAUMA STROKE

https://adehealthcare.blogspot.co.id/
Stroke
Pola hidup yang kurang sehat dan tidak seimbang, kolesterol tinggi, gula darah meningkat serta tekanan darah tinggi dapat memacu timbulnya stroke. Stroke terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah serta penyumbatan dan pecahnya pembuluh nadi otak.
Ketika pembuluh darah otak tersumbat dan pecah maka jaringan otak akan kekurangan oksigen sehingga saraf yang sangat vital akan terganggu fungsinya. Selain itu, hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan yang hebat pada otak sebagian yang akhirnya mengakibatkan stroke.

Gejala awal stroke ditandai dengan nyeri kepala, pusing, mengantuk dan kekacauan mental. Stroke ringan ditandai dengan kekacuan bicara, pikiran, gerak, sensasi dan penglihatan. Gejala satu dengan gejala lainnya kerap berkombinasi , baik itu gejala ringan maupun berat seperti mulut mencong/miring, penglihatan kembar, rasa berputar, penglihatan berkunang-kunang, bicara pelo, rasa keseleo pada muka atau separuh muka dan lumpuh salah satu sisi bagian tubuh.  Hal ini merupakan gejala ringan yang dapat berlangsung hanya beberapa detik sampai beberapa menit atau lebih lama. Biasanya gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Gejala stroke yang berat dapat membuat penampilan penderita terlihat sangat mengerikan sampai penderita terjatuh dan terbaring seperti tertidur pulas, muka kemerahan, pernafasan naik turun, nadi berdenyut lambat, salah satu tungkai lemas, cacat tubuh atau lumpuh total dan tidak dapat berkomunikasi. Bahkan otot-otot mengisut hingga seluruh anggota tubuh menjadi kaku. Hal tersebut merupakan gejala sisa sebagai cacat. Jika sudah sangat parah maka kematian dapat terjadi pada penderita stroke.

Langkah Awal Penangganan

Pertolongan pertama pada penderita stroke yaitu dengan memberikan tanaman ramuan obat yang berfungsi memecah gumpalan darah, mencegah pembekuan darah, melancarkan peredaran darah, memperbaiki jaringan yang rusak, menurunkan tekanan darah, serta daya tahan tubuh. Dengan demikian diharapkan serangan stroke berulang dapat dihindarkan

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar