PERTOLONGAN PERTAMA MENGATASI KRAM PADA KAKI

https://adehealthcare.blogspot.co.id/
Kram kaki
Kram kaki merupakan konstraksi otot kaki. Kram terjadi secara tiba-tiba dan terasa sakit. Biasanya kram menyerang golongan usia setengah baya dan lansia. Kram sering terjadi pada malam hari atau menjelang pagi. Kram kaki terjadi karena arteri aliran darah yang membawa darah segar dan penuh oksigen ini menciut mengejang sehingga pasokan darah pada berkurang.


Kram juga bisa terjadi karena olahraga yang berlebihan, terutama saat udara panas sehingga tubuh kurang cairan yang berakibat terganggunya keseimbangan elektrolit tubuh seperti Mg, K, Ca, dan Na.
Obat yang bersifat diuretik juga dapat menyebabkan mineral tubuh yang dibutuhkan oleh otot secara tidak sengaja ikut terbuang sehingga berakibat terjadi kram. 

Perokok maupun peminum alkohol juga mempunyai kecendrungan mengalami kram karena oksigen dalam darah berkurang. Kram kaki bisa terjadi karena otot kaki mengalami cedera atau tegang, serta kaos kaki dan sepatu yang terlalu ketat sehingga aliran darah menjadi terhambat.

Langkah Awal Penanganan

Jika terjadi kram kaki tempatkan korban pada posisi duduk dengan kaki lurus sejajar dan otot dilemaskan. Telapak kaki ditekan ke atas, dan diurut perlahan-lahan sambil lutut ditekan ke bawah. Setelah itu kompres dengan air panas pada bagian yang kram terutama bagian yang sakit. Berikan juga ramuan berupa tanaman obat.

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar